(PeDa) Nanti kayak AS

Ketika rapat sore itu, beliau mengetuk pintu dan langsung melongokkan kepalanya. Tuing. Beliau langsung bertanya kepada saya, “Cin, kemarin RUU Pemilu sudah disahkan? Terbuka atau tertutup?”
langsung kujawab, “Sudah. Terbuka proporsional. Kuota murni.” Sambil mikir lagi,eh bener ga ya. Sesaat kemudian temankku, mengiyakan. Oh, berarti benar. Hehe..

“Wah asyik donk. Saya jadi bisa dukung yang maju nanti ya. Saya suka nih.”
Saya dan teman-teman yang sedang rapat pun cuma bisa senyum-senyum.

Lalu, direktur saya tanya ke beliau, “Ibu maju lagi ga pak?”

“Saya ga ijinin maju lagi tuh.”

Kaget. Tumben beliau punya keputusan seperti itu, akhirnya saya tanya lagi “Kenapa pak? Kok ga boleh maju lagi?”

“Iya, kasihan ibu nanti. Kalau dijadiin “kambing” kayak AS, bisa nangis melulu tiap hari.”

Langsung kami tertawa mendengarnya. Kekhawatiran seperti itu rupanya yang akhirnya tidak mengijinkan istrinya untuk maju lagi dalam pemilu legislatif.

“Kan si AS cuma korban aja. Wah gawat nanti kalau ibu juga jadi korban juga”

“Iya juga ya pak, bisa pingsan kayaknya ibu mah..” Celoteh saya yang disambut tertawanya beliau.😀

“Ya sudah, lanjutkan lagi rapatnya.” beliau pergi sambil menutup pintu.

dan kami pun melanjutkan rapat kembali.

:
:
:
:

Terkadang hal yang semacam itu yang dikhawatirkan suami jika seorang istri maju ke ranah publik politik. Hem ya ya.. Bukan berarti tidak percaya bahwa sang istri tidak mampu, toh pemilu legislatif kemarin sang istri sudah maju, tapi gagal masuk parlemen. Mungkin peta politik sekarang berbeda dimana perempuan di ranah publik politik lebih mudah dijatuhkan atau menjadi korban. Wallahu alam.

Leave a Reply

